SMP 17-AGUSTUS SEMBORO

Beranda » "Kerjakanlah lebih dari apa yang dibayar, niscaya kamu menerima lebih" » Langkah-Langkah Membuat Label Penerima Undangan

Langkah-Langkah Membuat Label Penerima Undangan

Beberapa hari yang lalu, teman saya melaksanakan hari paling bersejarah dalam hidupnya, pernikahan. Ya…..kegiatan sakral yang setiap orang sangat berharap hanya satu kali dilakukan dalam hidupnya.

Pernikahan biasanya bersahabat dengan yang namanya undangan. Saya terkejut dengan Undangan yang diberikan oleh teman saya tersebut, kenapa setiap undangan yang begitu banyaknya tersebut, masih ditulis/diketik secara manual pada Ms. Word. Oleh karena itu, ini sedikit tutorial tentang bagaimana membuat label penerima undangan. Semoga bermanfaat…..

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buatlah daftar nama penerima undangan yang akan kita bagikan, pada file Ms. Excel, jangan lupa Sheet 1 dan 2 di delete saja. Jadi daftar penerima undangan diketik di Sheet 1.

  • Setelah selesai membuat daftar penerima undanga di Ms. Excel, bukalah Ms. Word, Kemudian Klik Mailing => Start Mail Merge => Klik Step by Step Mail Merge Merge, seperti gambar di bawah ini

  • Setelah langkah di atas dilakukan, maka akan muncul kotak dialog pada sebelah kanan Ms. Word yang anda buka, seperti gambar di bawah ini

  • Klik Label dan Next Starting Docoment seperti di bawah ini

  • Klik Label Option, hingga muncul kotak dialog label option, pada tutorial ini saya memilih page printer => tetap default, label vendor => Microsoft dengan product number 30 per page. Anda dapat menentukan sendiri yang mana.

  • Setelah selesai, klik Next : Select Recipient. Maka akan muncul, seperti gambar di bawah ini. Atur setiap kolom dengan perataan tengah, agar nama, alamat dan keterangan lain tepat tercetak di tengah-tengah tiap label.

  • Setelah selesai semua pengaturan perataan paragraf, maka langkah selanjutnya adalah meng-klik Browse untuk mencari dimana letak file daftar penerima undangan Ms. Excel yang anda buat pertama kali

  • Cari dan klik file Excel yang berisi daftar penerima undangan tadi, kemudian Klik OK, hingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Sebagai catatan fiile Excel yang saya buat, Sheet 2 dan Sheet 3 di”delete”

  • Seperti pada gambar di atas, hilangkan centang pada “First Row Data Contains coloumn headers” kemudian klik OK. Kemudian muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

  • Klik OK saja, dan format label kita sudah hampir selesai seperti di bawah ini.

  • Klik, Next: Arrange your Labels, kemudian klik More Item hingga muncul kotak dialog Insert Merge Field. Lakukan langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.

  • Sebagai catatan, yang saya masukkan dalam setiap label adalah, Nama, Alamat, dan Keterangan. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan atau mengurangi beberapa keterangan misalnya tanggal lahir, alamat, dan sebagainya pada file Excel yang anda buat.

  • Setiap selesai meng-insert-kan  “Field”, kita harus me-close kotak dialog Insert Merge Field, kemudian menaruh kursor di bawah “Field” yang kita insert sebelumnya. Seperti tampak pada gambar di atas.

  • Setelah semua “Field” yang kita buat berhasil di-insert-kan. Maka langkah selanjutnya adalah melihat hasil “Daftar Nama Penerima Undangan” pada setiap label yang kita buat, dengan cara, Klik Finish Merge dan Pilih Edit Individual Documents seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

  • Ketika “OK” kita klik maka akan muncul dokumen baru dengan nama Label 1, yang telah terisi semua Field (nama, alamat, dan keterangan) yang kita buat di Ms. Excel pada setiap label.

  • Jangan lupa, garis/border yang terdapat pada setiap label dihilangkan dengan cara seperti tampak pada gambar di bawah ini.

  • Seperti pada gambar di atas, Klik kanan tanda + pada pojok Kanan atas,kemudian pilih Border and Shading hingga muncul kotak dialog Border and Shading, Klik None kemudian OK.

  • Setelah selesai, label siap dicetak.Jangan lupa di simpan, mungkin ada kekeliruan nama/alamat/keterangan yang kita buat.

  • Tentukan folder penyimpanan dokumen ini.

Demikian tutorial ini dibuat, mudah-mudahan bermanfaat……khususnya temen-temen saya yang lagi pada mau kawin…Jangan lupa undangannya…hehehehehe….Thanks juga buat Ayunda Crew yang telah banyak memberikan ilmu pada saya….dan jangan lupa komentar and sharingnya ya…???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s